Apakah Kunci Sukses RKI di Kel. Tugu Kec. Cimanggis Depok?

0
1

Pada hari Jum’at, 24 Januari 2020, jam 09.00 sd 12.00 tim SPKK memboyong ketua2 UPKK dari 9 desa di Bojong Gede untuk mengikuti Studi Banding ke Komplek Timah, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Kedatangan kami disambut dengan luar biasa, penuh keakraban dan persiapan yang baik. Full team SPKK Cimanggis sudah siap menyambut kedatangan kami, berjejer di depan gedung ukhuwah DPC PKS Cimanggis.
Dimulai dengan foto bersama di depan gedung, selanjutnya memasuki ruangan kami disambut dengan welcome snack & drink, segelas rosela gula batu panas, pastel & arem2 mie.
Lalu kami digiring ke lantai 2 menuju ruangan pertemuan.

Acara dimulai dengan tilawah Al Quran dan pembacaan doa, lalu perkenalan dari tim SPKK Cimanggis oleh ketua SPKK Ibu Supriyati dan ketua SPKK Bojong Gede Ibu Dewi Widianingsih.

Dialog dimulai penyampaian kondisi RKI di Bojong Gede oleh Ibu Yani, tutor RKI. Beliau menyampaikan target dari BPKK dalam 2 bulan harus launcing 100 RKI. Saat ini sudah launcing beberapa RKI, yang merupakan kegiatan2 yang sudah berjalan. Saat ini memang maintenance yang sangat penting.

SPKK Bojonggede – Bogor dan Cimanggis – Depok

Sementara itu, Ketua SPKK Cimanggis Ibu Supriyati S. Sy. (Ibu Upi) berbagi cerita tentang program2 yg sudah berjalan dan kesuksesan yang diraih. Tips sukses dari beliau adalah masuk kemasyarakatan melalui kegiatan yang sudah ada di masyakat. Menjaga terus program2 RKI yang sudah launching. Dibuat komunitas2 seperti komunitas sampah, komunitas senam dstnya. Bersinergi dengan kelurahan, camat, pemkot dstnya. Bekerjasama dengan aleg. Menjadikan tutor2 RKI menjadi kader pelopor untuk masuk ke masyarakat. Saat ini semua pengurus SPKK Cimanggis sudah masuk dalam kepengurusan di struktur pemerintahan.

Saat ini mereka punya 2 istilah, RKI Existing untuk kegiatan yang di launching dan RKI expansi untuk masuk ke program pemerintah. Target tahun ini menambah titik bank sampah dan titik senam yang merupakan program andalan di kecamatan ini. Selain itu juga untuk bersinergi dengan program pemkot Depok yaitu Kota Layak Anak dengan mendirikan RW Layak Anak, yang menuntut partisipasi semua warga. Masih banyak kegiatan lain seperti public speaking, tastqif spesial, senam nusantara, pelatihan relawan RKI serta program unggulan membuat Kartu Anggota RKI.

Pendanaan mereka dapatkan dari struktur SPKK. Untuk marketing produk, syarat utama adalah kualitas produk dan packing yang bagus. Pemasaran bisa lewat market place online, bazar2 di pinggir jalan strategis juga tempat wisata.

Akhir acara yang lebih dari 2 jam itu, ditutup dengan saling tukar souvenir dan dilanjut dengan makan siang bersama.

Studi Banding yang berkesan. Semoga silaturahim ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi munculnya RKI-RKI baru. AllahuAkbar

Tim SPKK – UPKK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here